Makalah Pengantar Bisnis Tentang Hijab Lukis
Dewasa ini, kebudayaan berkerudung semakin meluas. Banyak para wanita yang kini memilih untuk berkerudung. Dan tidak sedikit pula hijab kini dijadikan salah satu tren busana yang banyak diminati, pelatihan softskill khusus di dunia kampus yang membahas tentang kerohanian islam dan menganjurkan setiap muslim menutup aurat. Namun demikian, anjuran untuk menutup aurat tersebut agaknya sedikit terabaikan. Karena banyak mahasiswi yang merasa dengan berkerudung membatasi kreativitas fashion bagi mereka.
Padahal sebenarnya berkerudung justru membuat wanita terlihat semakin cantik dan anggun. Apalagi apabila dilakukan dengan memodifikasi jilbab yang dikenakan menjadi berbagai model dan diserasikan dengan busana yang dikenakan. Berkerudung terkadang juga menimbulkan berbagai kesan seperti panas, ribet dan membatasi gerak. Namun jika dilihat dari sisi baiknya, berkerudung membuat wanita semakin terlihat cantik, sopan dan memancarkan kesejukan dari dalam dirinya. Untuk itu, agar membuat wanita semakin cantik ketika berkerudung, dan membuang kesan buruk tentang berkerudung, kami menawarkan produk yaitu hijab lukis. Hijab lukis kami menyediakan berbagai pilihan jilbab dengan bahan dasar jilbab paris dan telah dipasangkan dengan iket atau dalaman jilbab. Keunikan dari jilbab kami adalah kami melukis jilbab ini dengan berbagai motif yang menarik menggunakan potongan kain perca yang dijahit dengan benang sulam. Dan kami telah menyesuaikan jilbab dengan iket dalamannya yang juga telah dihias dengan indah dengan menggunakan perca dan benang sulam.
Mission
Kami ingin semua orang yang muslim di indonesia dapat menggunaka hijab lukis yang bagus dan kualitas yang bagus agar dapat menampilkan keindahan hijab yang dipake oleh wanita dan kita dapat mempekerjakan sebanyak mungkin orang agar dapat mengurangi angka pengganguran
Values
Cara membuat produk kami bisa dibilang susah susah gampang. Karena sebenarnya hanya membutuhkan ketelitian, keuletan dan kesabaran dari produsen. Untuk membuat jilbab ini, kami cukup menyediakan kerudung paris polos, kain perca yang berwarna-warni, beraneka ragam warna benang sulam, dan iket atau dalaman kerudung. Kerudung paris di lukis dengan menggunakan kain perca dan benang sulam, tentunya dengan keahlian dan teknik khusus yang bisa dipelajari. Daleman kerudung atau iket bisa dibuat dari kain perca itu sendiri ataupun dari kain iket yang kemudian dihiasi kain perca dan benang sulam, sama hal nya dengan kerudung paris. Motif yang kami sajikan beraneka ragam sesuai dengan warna jilbab dan iket.
Selain menyajikan hijab lukis dan iketnya, kami juga menyelipkan berbagai model atau cara pakai jilbab yang bisa dicontoh pada setiap kemasan jilbab. Model tersebut berbentuk tutorial hijab, sehingga mempermudah konsumen untuk mempelajari cara memakainya. Selain memberi model atau contoh cara pakai, kami juga memberi rekomendasi tentang baju apa yang pantas di pakai dan warna apa yang sesuai.
Tujuan
1. Tujuan Umum
a. Mendapatkan keuntungan dari produk ini
b. Membudayakan kebiasaan berjilbab di kalangan muslimah
c. Membuat produk yang dapat menjadi gaya berpenampilan modis bagi yang mengenakannya
2. Tujuan Khusus
a. Membantu wanita muslim mengeksplorasi kreativitas dalam berjilbab
b. Memberi pilihan yang memudahkan para wanita untuk senantiasa menjaga dan menutup aurat
Swots
Faktor Internal
1) Strength (Kekuatan)
a. Keunggulan produk
Kami menawarkan suatu produk yang mengangkat nilai keagamaan dan dipadukan dengan unsur keindahan. Kami juga menyelipkan cara pakai jilbab yang memudahkan penggunaannya.
b. Keterampilan dan keahlian
Kami memiliki keterampilan untuk melakukan modifikasi motif jilbab dan keahlian memadupadankan jilbab dengan dalamannya.
c. Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku pembuatan jilbab ini tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya tidak begitu mahal. Serta jenisnya beraneka ragam sehingga dapat meningkatkan pilihan hijab.
2) Weakness (Kelemahan)
a. Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
b. Kurangnya Sumber Daya Manusia
Keterbatasan sumber daya manusia sebagai produsen atau pengrajin jilbab. Dalam menjahit dan menyulam diperlukan keterampilan khusus yang tidak setiap orang bisa melakukannya.
Faktor Eksternal
1) Opportunities ( Peluang )
a. Banyaknya konsumen
Banyaknya wanita muslim yang berkerudung. Dan dengan produk ini akan menambah minat wanita untuk berkerudung.
b. Sistem pemasaran
Pemasaran bisa dibilang cukup mudah karena kami hidup di lingkungan masyarakat yang mayoritas muslim dan berkerudung.
2) Threats ( Ancaman )
a. Keacuhan konsumen
Terkadang wanita berjilbab kurang memperhatikan penampilannya. Dan kesibukan membuat mereka tampil apa adanya.
Goals
kami menawarkan produk ini adalah saat ini berkerudung menjadi tren tersendiri di kalangan para remaja maupun ibu rumah tangga. Namun demikian, berkerudung cenderung melahirkan kesan ribet dan kurang fashionable. Padahal menutup aurat adalah kewajiban bagi kaum muslimin. Adapun perempuan yang telah berjilbab tetapi kadang bingung memadupadankan baju dan kerudung sehingga merasa bosan dengan penampilannya. Di sini kami membantu para remaja untuk lebih bisa mengeksplorasi kreativitas dalam berjilbab sehingga terkesan tidak monoton dan lebih menarik. Meningkatkan percaya diri bagi kaum wanita muslim dan membantu wanita muslim untuk senantiasa menutup aurat sesuai dengan yang telah diwajibkan oleh agama.
C Present status
a.Progress To Date
1.Sales And Marketing
Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena telah merebaknya kebudayaan berkerudung di kalangan wanita mulai dari anak-anak sampai dewasa. Dan diantara mereka terkadang merasa bosan dengan tatanan jilbab yang itu itu saja. Tidak seperti tatanan rambut yang bisa berubah setiap hari. Terkadang mereka merasa malu untuk mengenakan berbagai pernak pernik jilbab dan cenderung merasa tidak percaya diri. Tetapi apabila telah disediakan produk jilbab dengan beraneka lukisan dan warnanya, serta dilengkapi dengan berbagai rekomendasi model maupun cara pakai, pasti akan menarik perhatian para wanita.
Operation
Siapkan jilbab polos dengan berbahan kain paris, kaos atau cotton. Lebih populer yang digunakan adalah bahan paris
Siapkan alas penyanggah dari kayu (berbentuk kotak, segi tiga, dsb) atau bahan lainnya yang agak padat sebagai tempat menempelnya jilbab saat dilukis, agar bagian bawah kain yang terkena cat tidak langsung menempel pada kain lain atau benda lain. Anda juga bisa menggunakan alat bantu seperti yang digunakan untuk merentangkan kain saat menyulam.
Siapkan motif yang akan dilukis. Anda bisa mencari gambar-gambar di majalah bekas misalnya motif bunga, dll. Bisa digambar dahulu dengan pensil
Gunakan cat acrylic merk phoenix atau lainnya asalkan sifat cat tersebut bila kering menjadi seperti karet.
Gunakan beberapa kuas paling kecil dan air untuk pengencer cat sekaligus pembersih kuas.
Usahakan cat yang akan ditorehkan tetap kental, jangan encer.
Cat yang telah di lukiskan ke jilbab terkesan timbul, dengan penebalan tertentu.
Keringkan hasil lukisan dengan diangin-anginkan, bisa dibantu dengan lampu.
Bila telah kering, sterikalah perlahan dengan melapisi permukaannya dengan kain kaos.
Jangan takut akan melebar atau salah coret, karena bila cat kering hasilnya akan terkesan abstrak dan indah.
Beri kesan terang atau tiga demensi dengan cara pertebal dan diperterang dengan warna yang lebih muda pada bagian-bagian tertentu.
Finances
3.2 Pembiayaan
3.2.1 Biaya Tetap (Fixed cost) per tahun
Kami tidak banyak menggunakan alat tahunan karena proses pembuatan produk kami menggunakan tenaga manusia. Di bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:
No Nama Barang Jumlah Barang Harga Satuan Jumlah Harga
1 Jarum Sulam 12 pak Rp. 4000 Rp. 48.000
2 Jarum Jahit 12 pak Rp. 2000 Rp. 24.000
3 Alat Sulam 6 buah Rp. 20.000 Rp. 120.000
4 Gunting 6 buah Rp. 30.000 Rp. 180.000
TOTAL Rp. 372.000
3.2.2 Biaya Variabel (Variable cost) - Per Bulan
No Nama Barang Jumlah Barang Harga Satuan Jumlah Harga
1 Jilbab paris 150 lbr Rp. 15.000 Rp. 2.250.000
2 Iket 150 lbr Rp. 8.000 Rp. 1.200.000
3 Benang Sulam 5 pak Rp. 15.000 Rp. 75.000
4 Kain Perca 1 karung Rp. 75.000 Rp. 75.000
5 Album tutorial 150 Rp. 3000 Rp. 450.000
6 Plastik Kemasan 2 pak Rp. 5000 Rp. 10.000
7 Listrik dan Internet Rp. 50.000 Rp. 50.000
TOTAL Rp. 4.110.000
E Profile Of Target Market
A.Market Analysis
Sasaran kami adalah seluruh wanita muslim dari segala usia. Baik yang telah berjilbab maupun yang belum. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah yang mayoritas penduduknya beragama Islam serta kerap mengadakan perkumpulan. Karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain itu kami juga mempunyai rumah produksi yang siap didatangi siapa saja dan siap melayani jasa konsultasi serta pemesanan.
Untuk program jangka panjang, kami mencanangkan untuk membuka toko di sebuah pusat perbelanjaan seperti mall. Seperti rumah produksi, kami juga menyediakan fasilitas seperti jasa konsultasi, pemesanan. Sasaran kami tetap yaitu semua wanita muslim, yang berkunjung ke pusat perbelanjaan tersebut. Untuk itu, kami menggalakkan promosi di berbagai media, seperti media elektronik. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.
E.Marketing Strategies,Sales Plan And Projections
A.Marketing Strategies And Sales Plan
Kiata akan menjual hijab lukis kepada masyrakat yang menggunaka hijab
B.Sales Projections
Biaya dan Harga Per Unit
Biaya tetap yang dibutuhkan untuk 1 bulan adalah Rp. 372.000 : 12 bulan = Rp. 31.000
Total biaya produksi yang dikeluarkan per bulan = Rp 31.000 + Rp 4.110.000 = Rp 4.141.000
Biaya per unit adalah Total biaya produksi dalam 1 bulan : jumlah produk yang dihasilkan per bulan = 4.141.000 : 150 buah = 27.606,66
Harga jual per unit Rp 45.000
Modal Awal
Modal awal = Total Biaya Tetap + Biaya Variabel selama 1 Bulan
= Rp 372.000 + Rp 4.110.000
= Rp 4.482.000
Analisis Titik Impas (Break Even Point)
BEP harga = Total biaya produksi selama 1 bulan : Produksi
= 4.141.000 : 150 buah = 27.606,66
Harga jual per unit Rp 45.000
BEP produksi = Total biaya produksi selama 1 bulan : Harga per unit
= Rp 4.141.000 : 45.000 = 92 buah
Jadi, untuk mencapai titik impas maka dalam 1 set hijab lukis yang harus terjual adalah 92 dengan harga per produk adalah Rp 45.000
Analisis Keuntungan
Pendapatan : Hijab Lukis yang terjual x harga jual = 150 x Rp 45.000
= Rp. 6.750.000
Total biaya produksi dalam 1 bulan = Rp. 6.750.000
Keuntungan = Pendapatan –Total biaya produksi
= Rp 6.750.000 – Rp 4.141.000
= Rp 2.609.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 150 Hijab lukis dengan harga Rp 45.000 per buah dalam 1 bulan adalah Rp 2.609.000
Pengembalian Modal
Total biaya Produksi : Laba usaha = Rp 6.750.000 : Rp 2.609.000
= 2,58 bulan (78 hari)
Catatan : Dalam 1 bulan diproduksi 150 buah hijab lukis
Hijab lukis yang harus dijual per hari = 150 : 30 hari = 5 set hijab lukis
Maka, Pay Back Period = BEP Produksi : Penjualan per hari = 92 : 5 = 19 hari
Jadi, modal akan kembali dalam jangka waktu 19 hari dengan penjualan 5 set hijab lukis tiap harinya.
Kita Akan Menjual hijab lukis kepada hijaber di indonesia
Pembuatan hijab lukis ini dilakukan di Jl. Kemana Saja No.93 RT.08/24. Di sini adalah salah satu tempat tinggal anggota kami yang sudah diperuntukkan khusus sebagai tempat pembuatan hijab lukis. Pembeli bisa datang langsung melihat-lihat proses produksi maupun konsultasi langsung dengan kami tentang cara memakai jilbab yang menarik. Pembeli juga bisa datang langsung untuk memilih dan menentukan sendiri motif yang diinginkan. Di sini kami juga menyediakan berbagai aksesoris yang diperlukan dalam berjilbab.
Selain rumah produksi, kami juga membuka sebuah stand flexible yang dapat berpindah berdasarkan lokasi yang sesuai dan merupakan tempatnya berkumpulnya wanita muslim. Biasanya kami membuka stand di setiap acara-acara pengajian bulanan yang biasa di selenggarakan oleh pihak HC Depok.
4.2 Sarana dan Prasarana
Selain menggunakan rumah produksi dan stand flexible sebagai media promosi dan tempat traksaksi jual beli, kami juga memanfaatkan berbagi media baik media elektronik maupun media cetak seperti brosur, leaflet, pamflet, online shop, blog, facebook, twitter dan lain sebagainya. Semua sarana ini dilengkapi dengan prosedur atau tata cara memakai hijab.
3.1 Sumber Daya Manusia
Untuk usaha awal, kami hanya menggunakan sumber daya manusia dari keseluruhan anggota yang ada. Dimana terdiri dari 4 orang. Meskipun jumlahnya belum memenuhi. Namun hal ini sudah menjadi modal yang luar biasa bagi usaha hijab kami. Kami yakin, dari segala keterampilan yang kami miliki serta keyakinan diri untuk mengembangkan usaha bersama akan menghasilkan hasil yang sangat memuaskan.
G.Technology And R&D
Kita dapat mengembangakan motif dengan melakukan pelatihan dan inspirasi dari karyawan ataupun pemilik usaha.sesuai dengan keinginan dan permintaan masyrakat
H.Management And Administration
A.Management
Kita manage cari pembuatan lukis hijab dan melakukan pemantauan kualitas agar kualitas produk hijab lukis kita tidak turan dan mencocokan harga dengan harga produksi agar kita tidak kalah saing dengan saingan kita
B.Administration
Kita Menggunaka administrasi yang efficien,kita mempunyai orang yang manage arsip data tentang pembelian raw material dan pengeluaran
I Financial Projection
A.Key Assumption
Biaya tetap yang dibutuhkan untuk 1 bulan adalah Rp. 372.000 : 12 bulan = Rp. 31.000
Total biaya produksi yang dikeluarkan per bulan = Rp 31.000 + Rp 4.110.000 = Rp 4.141.000
Biaya per unit adalah Total biaya produksi dalam 1 bulan : jumlah produk yang dihasilkan per bulan = 4.141.000 : 150 buah = 27.606,66
Harga jual per unit Rp 45.000
B.Income Statement
Pendapatan : Hijab Lukis yang terjual x harga jual = 150 x Rp 45.000
= Rp. 6.750.000
Total biaya produksi dalam 1 bulan = Rp. 6.750.000
Keuntungan = Pendapatan –Total biaya produksi
= Rp 6.750.000 – Rp 4.141.000
= Rp 2.609.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 150 Hijab lukis dengan harga Rp 45.000 per buah dalam 1 bulan adalah Rp 2.609.000
C.Cash Flow
Pendapatan bulan = 2.609.000
Pendapatan Tahun = 31.308.00
Pengeluaran tahun = 49.692.000
pengeluaran bulan = 4.141.000
J.Funding Requirement and proposal
Membutuhkan modal Rp 50.000.000 untuk membeli peralatan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis hijab lukis
H.Implementation
Pertama kita harus memilik lokasi tempat produksi hijab lukis agar kita dapat memulai kegiatan produksi yang kedua kita harus memilik modal untuk dapat membeli peralatan untuk memulai menjalankan kegiatan produksi lalu kita harus memilik tenaga kerja yang bekerja agar dapat memulai kegiatan produksin
I Conclusion
Hijab lukis merupakan suatu jenis jilbab yang dimodifikasi dengan memberikan lukisan pada jilbab dan dalamannya. Kami juga memberikan jasa konsultasi dan album tutorial pada setiap kemasan jilbab yang kami pasarkan. Produk kami ini bertujuan membantu kaum muslim untuk mngeksplorasi kreativitas fashion mereka. Sehingga dapat menarik minat para muslimin untuk memakai jilbab. Proses pemasaran kami lakukan melalui berbagai media. Kami juga menyediakan jasa konsultasi dengan menghadiri stand flexible kami dan mendatangi rumah produksi kami. Harga yang kami patok berbeda tergantung bahan lukisan yang kami gunakan. Kami juga menyediakan pelayanan pemesanan jilbab sesuai selera konsumen.
No comments:
Post a Comment